Selasa, 18 November 2014

TUGAS 7, Analisis Kesalahan Berbahasa pada Blogger Dosen

Analisis Kesalahan Berbahasa pada Blogger Dosen
(Bapak Wahyudi El Panggabean)


Pada blogger Bapak Wahyudi El Panggabean terdapat empat kesalahan penulisan dari berbagai macam tataran, kesalahan pertama terdapat pada kata “itu”.  Terletak pada kalimat:
a)      Dalam acara yang berlangsung akhir Oktober 2014 di Hotel Pangeran Pekanbaru itu, Kadir yang alumni Prodi Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau (FKIP-UIR) itu mengungguli 52 peserta/utusan redaktur media massa yang terbit di Riau.
Kata itu termasuk dalam kesalahan berbahasa tataran sintaksis dalam penggunaan unsur yang berlebihan, karena kata-kata yang mengandung makna yang sama digunakan sekaligus dalam sebuah kalimat. Jadi, bentuk baku penulisan yang benar yaitu:
a)      Dalam acara yang berlangsung akhir Oktober 2014 di Hotel Pangeran Pekanbaru itu, Kadir yang alumni Prodi Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau (FKIP-UIR) mengungguli 52 peserta/utusan redaktur media massa yang terbit di Riau.
Kesalahan kedua terdapat pada kata “panitya”, penulisan tersebut merupakan kesalahan berbahasa tataran fonologi dalam perubahan fonem vokal /i/ menjadi fonem konsonan /y/. Seharusnya bentuk baku pada penulisan tersebut adalah “panitia”. Dalam Depdiknas (2008:1015) panitia adalah n kelompok orang yang ditunjuk atau dipilih untuk mempertimbangkan atau mengurus hal-hal yang ditugaskan kepadanya; komite.
Kesalahan ketiga terdapat pada kata “sistim”, kata yang salah ini merupakan kesalahan berbahasa tataran fonologi dalam perubahan fonem vokal /e/ menjadi fonem vokal /i/. Bentuk baku yang benarnya adalah “sistem”. Dalam Depdiknas (2008:1320) system adalah n 1 perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas; 2 susunan yang teratur dari pandangan, teori, asas; 3 metode.
Kesalahan terakhir terdapat pada kata “kursus kilat-red”, ini merupakan kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada penggunaan istilah asing, yaitu pada kata “red” yang artinya “merah”. Kata red sebaiknya tidak digunakan dalam penulisan yang sudah tergabung dengan bahasa Indonesia, karena pada awal kata red, telah tertulis kata “kursus kilat”. Jadi, bentuk baku penulisan yang benar adalah “kursus kilat-merah”.


DAFTAR PUSTAKA

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar