Selasa, 18 November 2014

TUGAS 5, Analsisis Kesalahan Berbahasa Tataran Wacana Wibe Site Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI)



Analsisis Kesalahan Berbahasa Tataran Wacana Wibe Site Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI)

Pada Wibe Site Universitas Muhammadiah Riau, terdapat kesalahan pada tataran wacana, di mana kalimat tersebut termasuk pada kesalahan dalam konjungsi, yaitu pada kalimat:
a)      Selain menggandeng Universitas Muhammadiyah Riau, Jasa Raharja juga menggandeng mitra kerjanya seperti Dirlantas Polda Riau yang diwakili AKBP Elvanis, Dinas Perhubungan Provinsi Riau KAUPPK Ir. Ajie Patagama, Ketua Organda Riau HM Nasir SH, dan Akademisi dan Pengamat Transportasi Aidil Haris S.Sos M.Si.

Kata yang bercetak miring akan lebih tepat jika konjungsi-konjungsi tersebut dapat diganti menjadi kalimat yang tepat, kata dan pertama sebaiknya diganti dengan kata serta. Berikut wacana dalam bentuk bakunya:
a) Selain menggandeng Universitas Muhammadiyah Riau, Jasa Raharja juga menggandeng mitra kerjanya seperti Dirlantas Polda Riau yang diwakili AKBP Elvanis, Dinas Perhubungan Provinsi Riau KAUPPK Ir. Ajie Patagama, Ketua Organda Riau HM Nasir SH, serta Akademisi dan Pengamat Transportasi Aidil Haris S.Sos M.Si.

Kesalahan kedua terdapat pula pada blogger UMRI, yaitu kesalahan berbahasa tataran wacana. Perhatikan wacana dibawah ini:
a)    Selain itu, sebelum pelaksanaan wisuda, mereka terlebih dahulu telah dibekali dengan kegiatan pembekalan jiwa kewirausahaan selama dua hari. Agar mental menciptakan lapangan kerja, bukan menjadi PNS. Serta kegiatan Baitul Arkom yaitu, pemberian nilai-nilai kemuhammadiyahan dan penyiapan kader-kader Muhammadiyah.
Kalimat atau wacana tersebut merupakan kalimat yang kurang efektif. Ketidak efektifan wacana tersebut terletak pada kata dan. Seharusnya kata dan tersebut di gnti dengan kata dalam.  Dengan demikian perbaikan dari wacana di atas adalah :
a.       Selain itu, sebelum pelaksanaan wisuda, mereka terlebih dahulu telah dibekali dengan kegiatan pembekalan jiwa kewirausahaan selama dua hari. Agar mental menciptakan lapangan kerja, bukan menjadi PNS. Serta kegiatan Baitul Arkom yaitu, pemberian nilai-nilai kemuhammadiyahan dalam penyiapan kader-kader Muhammadiyah.


DAFTAR PUSTAKA

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar